Breaking News

Pemrograman

Product Sales

Visual Basic

Report

15 Maret 2011

Setting Kertas Struk untuk Printer LX-300

Sebulan yang lalu saat saya membuat aplikasi Minimarket, saya dilanda kebingungan saat mencetak struk, ternyata kertas rool yang dicetak mengikuti ukuran kertas A4. setelah bereksprimen dan browsing kesana-kemari ternyata windows telah menyediakan fasilitas untuk setting kertas sendiri.
aduh, ketinggalan informasi lagi.
Biasanya ukuran kertas, yaitu A3, A4,... itu ukuran yang lazim dipakai. Namun, bagaimana jika kita ingin mencetak struk ? bukankah ukuran kertas struk itu kecil dan tidak ada dalam daftar ukuran kertas standar. Nah, kali ini ada cara sederhana bagaimana membuat ukuran kertas yang tidak lazim tersebut (kertas Struk). Caranya adalah:

1. Buka Startmenu->Control Panel->Printers and Faxes
2. Klik kanan pada area kosong, pilih Server Properties
3. Setelah itu muncul kotak dialog seperti dibawah

4. Ceklist Create a New form. Isi form name  (nama ini nanti yang akan muncul  pada saat memilih ukuran kertas) contohnya disini aku pake Struk
5. Pada Units, pilih Metric. Isikan Width, Height, Left, Right, Top, Bottom
6. Jika sudah selesai klik Save Form - OK
nah selanjutnya kita pindah ke printer pilihan default kita misalnya printer EPSON LX-300
7. Klik kanan printer EPSON LX-300 -> Printing Preferences maka akan keluar kotak dialog seperti ini :

8. Klik tombol Advance... maka akan keluar kotak dialog berikut ini :

9. Ubah Paper Size ke ukuran kertas yang kita buat tadi, jika selesai tekan OK

Sekian Penjelasannya Semoga bermanfaat...!!!

24 komentar:

  1. gan masukin link ane ke link sahabat agan, blog agan sudah tak masukin di link ane, monggo dicek di blog ane,,, bang-ron.blogspot.com
    seminggu blog ane gag di add terpakssa ane delete gan.. salam blogger

    BalasHapus
  2. gan MinTol Donk???
    ane Mo Setting Epson L200 Buat Ngeprint pake Kertas Struk( Roll Paper ).
    Gmn Settingan Kertasnya YAch???
    And Gimana Juga Biar Kertas G Ngegulung Terus Setelah selesai 1 print Job( maksudnya Biar Langsung Ke Next Job Print )
    bantuannya Sangat di Butuhkan,terima Kasih Banyak.

    BalasHapus
  3. @Hartoyo
    EPSON L200 bukannya printer yang pake tinta ya mas...
    aku biasanya pake dot matrix yang pake pita sukses kok pake cara diatas...

    BalasHapus
  4. @Djuliar Bentenk
    Agan Djuli
    Bener Gan Printer Tinta,Cz Ane Cuma Printer Ini Doank... :D :D
    ada Solusi g ya???
    Biar Kertas G Ngegulung Terus Setelah selesai 1 print Job( maksudnya Biar Langsung Ke Next Job Print )

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak atas ilmunya. Kebetulan aku juga mencari ini buat nota penjualan dagangan ku.

    BalasHapus
  6. makasih tutorialnya... sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. ryan aryopambudi10 Januari 2012 20.17

    gan ane dah ikutin tutorialnya kok masih gk bisa ya.ane pake LX 300,mohon bantuannya.
    thanks

    BalasHapus
  8. siiiip... thanks bro...:-bd

    BalasHapus
  9. di komputer q waktu di klik kanan kok gak muncul menu server properties... gimana solusinya aq pake lx 300+II

    BalasHapus
  10. Mantap informasinya.... Sangat Membantu...

    BalasHapus
  11. ane bantu dikit juragan,,,

    - buka taw klik printer and fax di star menu.
    -klo dah muncul, klik kanan sembarang tempat, pilih server properties. MUNCUL KOTAKNYA
    - pada " Forms on : pilih dulu A4, trus centang CREATED A NEW FORM.
    - Pada Form Name isi, tp jgn ampe lupa namanya.
    - Pada Units pilih Metric
    - Pada Paper Size yg WIDTH nya jg di rubah tp yg di rubah HEIGHT nya aja di bagi dua, kan pada FORMS ON nya di pilih A4, jd d bagi dua untuk kertas continueus form, abis ntu OKKKK.
    - Trus klik kanan pada PRINTER LX300 nya pilih " printing preferences " trus klik ADVanced
    trus pilih paper size isi yg td " FORMS NAME nya" abiz ntu OK, dah selesai. TRY IT..
    ntu aja, selamat belajar
    bangbuce.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Saya menggunakan LX-300, dan sudah mengikuti langkah yang di atas. Form struk yang sudah disimpan tidak keluar di pilihan. Akhirnya menggunakan form envelope yang pendek walau lebar. Masalah lain adalah tulisan pada struk yang saling menimpa, seakan-akan roll pada printer tidak bekerja. Ada saran? Thx be4

    BalasHapus
  13. bro klo setting seperti itu, untuk masalah lebar kertas kan sudah biasa diatasi,,.
    tapi bagaimana bila kita pengen proses cetak faktur tersebut berhenti di akhir data, tidak mengikuti ukuran panjang desain report kita,,..
    thx before

    BalasHapus
  14. terimakaish buat infonya .:)

    BalasHapus
  15. gan ane dah ikutin tutorialnya kok masih gk bisa ya.ane pake LX 300,mohon bantuannya.
    thanks

    BalasHapus
  16. ukuran kertas struk buat rekening listrik tuh berapa ya??

    BalasHapus
  17. kalo saya, terakhir setting page di quick reportnya default. jadi kertas akan berhenti sesuai setting default printer

    BalasHapus
  18. kenapa ya kalo saya lx 300+ pas bikin setting form nama "struk" ga bisa ke new form atau ok selalu ada tulisa paper size and margins padahal udah di isi ukuran paper size ma marginnya tp tetep ga bisa ok

    BalasHapus
  19. Tank's gan Atas info'a....
    Ane pk Kertas 9.5"x11" yg di bagi 2 jadi 9.5"x5.5 dan persis berhenti di lembaran berikut'a...


    Cocok bwt surat jalan and faktur...
    Nice Share...

    BalasHapus
  20. thank's info yang sangat membantu, cuma saya menemukan masalah. saya mencoba menggunakan print Epson LX300+. Kenapa setelah saya mencoba mengeset kertas, lalu saya mencoba mengetest print epson tersebut. kok malah margin kertas sebelah kanan berlebihan boss. mohon solusi dari agan2 smuanya. Blog yang sangat bagus.

    BalasHapus
  21. terima kasih banget bos,infonya. kerja gue jadi lancar.

    BalasHapus

Designed By Blogger Templates